Defek genetik leptin obesitas

Faktor-faktor Penyebab Obesitas.

Genetische Ursachen der Adipositas

Pada bayi infantpenumpukan lemak terjadi akibat pemberian makanan pendamping ASI yang terlalu dini,terutama apabila makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan protein yang tinggi.

Leptin kemudian merangsang anorexigenic center di hipotalamus agar menurunkan produksi NPY, sehingga terjadi penurunan nafsu makan dan asupan makanan. Berdasarkan hukum termodinamik, obesitas disebabkan adanya keseimbangan energi positif, sebagai akibat ketidak seimbangan antara asupan energi dengan keluaran energi, sehingga terjadi kelebihan energi yang disimpan dalam bentuk jaringan lemak.

Faktor lingkungan ternyata juga mempengaruhi seseorang untuk menjadi gemuk. Hipocrates menyatakan bahwa kematian mendadak lebih sering terjadi pada individu yang secara alami tubuhnya berlemak daripada yang kurus. Penyebabnya adalah penebalan jaringan lemak didaerah dinding dada dan perut yang mengganggu pergerakan dinding dada dan diafragma, sehingga terjadi penurunan volume dan perubahan pola ventilasi paru serta meningkatkan beban kerja otot pernafasan.

Psychological factors may also influence eating habits.

DASAR GENETIK OBESITAS VISERAL

Orang yang mempunyai kelebihan sel lemak dianggap memiliki pengaturan lemak lebih tinggi oleh mekanisme otoregulasi umpan balik neurogenik untuk pengendalian jaringan adsiposa. Sistem pengontrol yang mengatur perilaku makan terletak pada suatu bagian otak yang disebut hipotalamus.

Dalam hal ini, yang berperan sebagai factor pejamu dalam timbulnya serta perjalan penyakit obesitas yang timbul dipengaruhi oleh banyak factor di dalamnya antara lain: Seperti apa gejalah pada obesitas?

Hal ini dapat ditentukan dalam beberapa cara tergantung pada kebutuhan akan keakuratan hasil pengukuran. Perkembangan temuan jumlah gen dan petanda yang berkaitan dengan fenotip obesitas pada manusia Tahun n 24 31 50 97 Meskipun telah ditemukan ratusan lokus berkaitan dengan obesitas, hanya beberapa saja yang dapat dijelaskan kaitannya, antara lain 1p36 D1S gen reseptor TNF alpha2q14 D2S gen berkaitan dengan hipertrigliserida dan 6q27 lokus berkaitan dengan transient neonatal diabetes mellitus Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria.

Bentuk fisik obesitas dibedakan menurut distribusi lemak yang lebih banyak dibagian atas tubuh dada dan pinggang maka disebut apple shape body androiddan bila banyak lemak dibagian bawah tubuh pinggul dan paha disebut pear shape body gynoid.

Permen dan gula-gula Permen dan gula-gula merupakan pilihan buruk bagi mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Telah ditemukan lebih dari gen, marker dan kromosom yang erat kaitannya dengan obesitas 9. NPY dan CRH terdapat di nukleus paraventrikuler PVN yang terletak di bagian dorsal dan rostral ventromedial hypothalamic VMHsehingga lesi pada daerah ini akan mempengaruhi kebiasaan makan dan keseimbangan energi.

Although genes are an important factor in many cases of obesity, a person's environment also plays a significant part. Perubahan pengetahuan, sikap, perilaku dan gaya hidup, pola makan, serta peningkatan pendapatan mempengaruhi pemilihan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Penelitian di Amerika dan Finlandia menunjukkan bahwa kelompok dengan asupan tinggi lemak mempunyai resiko peningkatan berat badan lebih besar dibanding kelompok dengan asupan rendah lemak dengan OR Odds Ratio 1,7 Fukuda cit Hidayati et al.Obesitas cenderung diturunkan,sehingga diduga memiliki penyebab genetic.

Tetapi anggota keluarga tidak hanya berbagi gen, tetapi juga makanan dan kebiasaan gaya hidup, yang bias mendorong terjadinya obesitas.

RENCANA KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN OBESITAS PADA BALITA

Seringkali sulit untuk memisahkan factor gaya hidup dengan fa k tor genetic. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa factor genetic memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap Author: Asti Arvita Sahabi.

Damit schienen Defekte im ob-Gen, für die Adipositas der ob-Maus verantwortlich, beim Menschen keine oder nur eine untergeordnete Rolle zu spielen. Wenngleich damit die Hoffnung, eines der zentralen Gene in der Entwicklung der Adipositas auch des Menschen gefunden zu haben, ebenso wie die Bemühungen, mit Leptin die Fettsucht therapieren zu können, sich nicht erfüllt haben, so bleibt es das.

Obesitas adalah suatu penyakit multifaktorial yang diduga bahwa sebagian besar obesitas disebabkan oleh karena interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan, antara lain aktifitas, gaya hidup, sosial ekonomi dan nutrisional yaitu perilaku makan dan pemberian makanan padat terlalu dini pada bayi (Hidayati, dkk ).

Obesitas terjadi karena adanya kelebihan energi yang disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Gangguan keseimbangan energi ini dapat disebabkan oleh faktor eksogen (obesitas primer) sebagai akibat nutrisional (90%) dan faktor endogen (obesitas sekunder) akibat adanya kelainan hormonal, sindrom atau defek genetik (meliputi 10%).Author: ALBADAN.

Gangguan keseimbangan energi ini dapat disebabkan oleh faktor eksogen (obesitas primer) sebagai akibat nutrisional (90%) dan faktor endogen (obesitas sekunder) akibat adanya kelainan hormonal, sindrom atau defek/ kerusaan genetik (meliputi 10%). DASAR GENETIK OBESITAS VISERAL Muhammad Rasjad Indra Laboratorium Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang ABSTRACT Obesity is defined as .

Defek genetik leptin obesitas
Rated 5/5 based on 34 review