Timbang berat badan dan ukur tinggi badan pada ibu hamil

Ukur tekanan darah Tekanan darah perlu diukur untuk mengetahui perbandingan nilai dasar selama masa kehamilan, tekanan darah yang adekuat perlu untuk mempertahankan fungsi plasenta, tetapi tekanan darah sistolik mmHg atau diastolik 90 mmHg pada saat awal pemeriksaan dapat mengindikasi potensi hipertensi.

Agar lebih tepat dianjurkan memakai ukuran tinggi fundus uteri dri simfisis pubis dalam sentimeter dengan pedoman sebagai berikut: Umur kehamilan Tinggi fundus uteri 20 minggu 20 cm. Bagi Anda yang malas berolahraga, kini saatnya Anda untuk rutin berolahraga.

Misalnya persetujuan ANC yang diberikan terhadap ibu hamil dengan hipertensi tentunya akan berbeda dengan pelayanan yang diberikan kepada ibu hamil dengan varises.

Masyarakat kita kebanyakan untuk wanita merasa berat badan ideal bila BMI antara 20 dan 22 dan pria merasa berat badan ideal bila diantara 23 dan Temu wicara konseling pada ibu hamil di setiap pemeriksaan kehamilan antenatal meliputi: Pada kehamilan 8 minggu kantong gestasi telah berdiameter 30 mm.

Gambaran USG kehamilan ektopik sangat bervariasi, tergantung pada usia kehamilan, ada tidaknya gangguan kehamiulan ruptura, abortus serta banyak dan lamanya perdarahan intra abdomen. Beri Tablet tambah darah tablet besi Untuk mencegah anemia gizi besi, setiap ibu hamil harus mendapat tablet tambah darah tablet zat besi dan asam folat minimal 90 tablet selama kehamilan yang diberikan sejak kontak pertama.

Pada saat melakukan pemeriksaan daerah dada dan perut, pemeriksaan inspeksi, palpasi, auskultasi dilakukan secara berurutan dan bersamaan sehingga tidak adanya kesan membuka tutup baju pasien yang mengakibatkan rasa malu pasien.

Kalkulator BMI atau kepanjangannya adalah Body Mass Index adalah perhitungan kalkulasi yang mendasarkan pada tinggi dan berat badan Anda yang pada akhirnya digunakan untuk mendeteksi derajat badan Anda apakah tergolong kurus, berat badan ideal, gemuk maupun obesitas.

Pelayanan Antenatal 10 T Yang Berkualitas Di Puskesmas

Setiap ibu hamil ditawarkan untuk dilakukan tes HIV dan segera di berikan informasi mengenai resiko penularan HIV dari ibu ke janinnya. Selain dilihat dicium adanya bau mulut yang menyengat. Kasus kasus yang tidak dapat ditangani di rujuk sesuai dengan sistem rujukan.

Pertumbuhan janin dinilai dari tingginya fundus uteri. Pemeriksaan dilakukan dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara sistematis atau berurutan. Lihatlah bentuk pembesaran perut melintang, memanjang, asimetris adakah linea alba nigra, adakah striae gravidarum, adakah bekas luka operasi, adakah tampak gerakan janin, rasakan juga dengan pemeriksaan raba adanya pergerakan janin.

Letakkan sebuah bantal dibawah kepala dan bahunya. Jika ia gelisah bantulah ia untuk santai dengan memintanya menarik nafas panjang.Timbang Berat Badan dan ukur Tinggi Badan. Penimbangan berat badan pada setiap kali kunjungan antenatal dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan pertumbuhan janin.

penambahan Berat Badan yang kurang dari 9 kilogram selama kehamilan atau kurang dari 1 kilogram setiap bulannya menunjukkan adanya gangguan pertumbuhan janin.

Jelaskan bahwa berat badan ibu naik secara normal yang menunjukkan janinnya tumbuh dengan baik bila kenaikan berat badan ibu kurang dari 5 kg pada kehamilan 28 minggu maka ia perlu dirujuk. Tinggi berat badan hanya diukur pada kunjungan pertama. Malnutrisi pada ibu hamil mengakibatkan transfer nutrient ke janin berkurang, sehingga pertumbuhan janin terhambat dan berpotensi melahikan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

BBLR berkaitan dengan volume otak dan IQ seorang anak. Kenaikan berat badan pada tiap ibu hamil tidaklah sama. Hal ini tergantung dari indeks massa tubuh (IMT) kamu dan berat badan sebelum hamil.

IMT didapat dari pembagian berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi tubuh kamu dalam satuan meter kuadrat. Dalam trimester terakhit terutama karena pertumbuhan janin dan uri berat badan naik sehingga pada akhir kehamilan berat badan wanita hamil bertambah kurang lebih 11 kg dibanding sebelum hamil.

Pada trimester terakhir berat badan kurang lebih kg seminggu, bila penambahan berat badan tiap minggu lebih dari kg harus diperhatikan kemungkinan preeklampsi. Perhitungan BMI pada wanita dan pria adalah sama selama mereka berusia di atas 20 tahun.

Perhitungan untuk di bawah 20 tahun sedikit berbeda. Tetapi perlu bahwa diingat perhitungan kalkulator BMI atau rumus cara menghitung berat badan ideal terkadang menyesatkan khususnya dalam kasus atlet atau olahragawan.

Timbang berat badan dan ukur tinggi badan pada ibu hamil
Rated 5/5 based on 90 review